tukang [KAMUS GLOBAL]
craft kb. 1 keahlian, keprigelan. the writer's c. keahlian mengarang. 2 (boat) kapal (kecil).
cutter kb. 1 tukang potong. 2 mesin potong. 3 pemotong. meat c. pisau pemotong daging. 4 Nav.: kapal layar.
mason kb. 1 tukang batu. 2 M. anggota perkumpulan kebatinan. M. jar semacam stoples yang bertutup rapat.
repair kb. reparasi, perbaikan (of a machine). -kkt. 1 memperbaiki, mereparasi, membetulkan. 2 kembali, mengundurkan diri, pergi.
For further exploring for "
" in Webster Dictionary Online
teduh [KAMUS SEASITE]
Lihat definisi kata "
1) leviathan, sea monster, dragon
1a) large aquatic animal
1b) perhaps the extinct dinosaur, plesiosaurus, exact meaning unknown
warta [KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA]
war·ta n berita; kabar: aku mendapat -- dr abang bahwa ia akan pulang hari ini;-- berita berbagai-bagai kabar: -- berita yg pertama dr RRI Jakarta disiarkan pukul 05.00; -- harian surat kabar yg terbit setiap hari; -- sepekan majalah yg terbit sepekan (seminggu) sekali; majalah mingguan;me·war·ta·kan v menyampaikan warta; memberitahukan; mengabarkan: dl suratnya ia ~ bahwa ia sudah lulus ujian terakhir;pe·war·ta n (orang) yg mewartakan;pe·war·ta·an n proses, cara, perbuatan mewartakan; pemberitaan
1warta n arahan, berita, cerita, informasi, kabar, laporan, maklumat, memorandum, pemberitahuan, pengumuman, siaran, surat, urita, wara-wara, warita, warkah;
mewartakan n melansir, melaporkan, melewarkan, memaklumkan, memberi tahu, memberitakan, mengabarkan, mengumumkan, mengutuskan, menyiarkan;
pewarta n penyiar, wartawan;
pewartaan n pemberitaan, pemberitahuan, penyiaran, reportase
Yesaya: Sang Nabi Penyelamat dan Penghakiman
Ayat-ayat Alkitab Terkait:
Pesan utama Yesaya adalah bahwa meskipun dosa dan ketidaksetiaan umat-Nya, Allah tetap setia pada janji-janji-Nya. Dia akan menghakimi dosa, tetapi Dia juga akan membawa keselamatan dan pemulihan melalui Mesias. Melalui pengorbanan-Nya, Mesias akan menanggung dosa umat-Nya dan membuka jalan bagi mereka untuk hidup dalam hubungan yang benar dengan Allah.
Yesaya dalam Konteks Perjanjian Baru:
Kitab Yesaya sering dikutip dalam Perjanjian Baru, terutama dalam kaitannya dengan kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus. Penulis-penulis Perjanjian Baru melihat dalam diri Yesus penggenapan nubuat-nubuat Yesaya tentang Mesias.
Yesaya adalah salah satu nabi terbesar dalam Alkitab. Pesan-pesannya tentang kekudusan Allah, dosa manusia, penghakiman, dan keselamatan tetap relevan hingga saat ini. Melalui Yesaya, Allah menawarkan kepada kita harapan dan jaminan bahwa Dia berdaulat atas sejarah dan setia pada janji-janji-Nya.
: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [
Kata Benda, Kata Sifat, Kata Kerja
ayat (dalam OT : 1 dalam
ayat) (dalam NT : 3 dalam
YESAYA [ensiklopedia]
(Ibrani yesya'yahu, 'Yahweh adalah keselamatan'), putra Amos (Ibrani 'amots, harus dibedakan dari nabi Amos, Ibrani 'amos), tinggal di Yerusalem (Yes 7:1-3; 37:2).
Menurut tradisi Yahudi, dia berasal dari keluarga raja; berdasarkan cerita-cerita dan ucapan-ucapan ilahi dalam kitabnya, kadang-kadang disimpulkan bahwa bagaimanapun juga dia adalah keturunan bangsawan; tapi tidak ada kepastian mengenai hal ini.
Seperti nyata dalam pendahuluan Yes (1:1), dia bernubuat pada zaman Uzia (791/790-740/739 sM, Yotarn (740/739-732/731 sM), Ahas (735-716/715 sM), dan Hizkia (716/715-687/686 sM). (Kurun waktu pemerintahan ini disesuaikan dgn pendapat E. R Thiele.) Yesaya dipanggil menjadi nabi 'dalam tahun matinya raja Uzia' (6:1), yaitu thn 740/739 sM; penampilannya yg terakhir dapat dipastikan yakni pada waktu Sanherib menyerang Yerusalem thn 701 sM (atau kr 688 sM, jika diterima teori bahwa Sanherib mengepung Yerusalem dua kali). Menurut tradisi dia digergaji hancur remuk pada pemerintahan Manasye (lih Martyrdom of Isaiah, ps 5, yg ditulis lama kemudian sesudah zaman Yesaya); ada orang yg melihat hal ini teracu dalam Ibr 11:37, tapi pengacuan itu tidaklah pasti, dan tradisi itu nampaknya tidak mempunyai asas historis yg kuat. Mungkin sekali Yesaya hidup sampai pada pemerintahan Manasye; alpanya nama Manasye dalam Yes 1:1 mungkin berarti bahwa Yesaya tidak berperan di depan umum sesudah Manasye menjadi raja.
Yesaya menikah; istrinya disebut dalam 8:3, mungkin dia bernubuat juga Dua anaknya disebut, dan keduanya diberi nama simbolis (8:18) -- Shear Yasyub, 'Sisa itu akan kembali' (7:3) dan Maher-Syalal Hasy-Bas, 'Percepatlah merampas, bersegeralah merampok' (8:1-4).
Yesaya dan Mikha sezaman (bnd 1:1 dgn Mi 1:1). Aktivitas Yesaya didahului oleh aktivitas Amos dan Hosea (Am 1:1; Hos 1:1). Amos dan Hosea bernubuat terutama kepada suku-suku utara; Yesaya dan Mikha mengalamatkan nubuat mereka terutama ke Yehuda dan Yerusalem (Yes 1:1).
Pada paroan pertama abad 8, baik Israel pada pemerintahan Yerobeam II (kr 782-753 sM), maupun Yehuda pada pemerintahan Uzia, menikmati masa makmur raya. Keadaan ini sebagian besar adalah akibat lemahnya kerajaan Aram dan alpanya campur tangan Asyur di wilayah barat untuk jangka waktu yg agak lama. Pemerintahan Uzia boleh dikatakan sebagai masa paling makmur yg dikenal Yehuda, setelah kekacauan menimpa kerajaan itu sesudah kematian Salomo. Zaman Uzia dan Yotam kemakmuran dan kemewahan berkelimpahan di Yehuda; keadaan ini digambarkan dalam Yes 2-4.
Tapi naiknya Tiglat-Pileser III (745-727 sM) di takhta kerajaan, memacu Asyur kembali mengembangkan sayapnya di wilayah barat. Pekah dari Israel dan Rezin dari Aram membentuk koalisi anti-Asyur. Mereka berusaha memaksa Ahas dari Yehuda bergabung dengan mereka. Karena Ahas menolak, mereka mengancam akan menyingkirkannya dan menempatkan raja boneka menduduki takhta Ahas (734 sM). Tindakan Yesaya pada waktu ini diberitakan dalam ps 7. Ahas melakukan dosa kebodohan dengan meminta bantuan dari raja Asyur; akibatnya Yehuda menjadi negara satelit Asyur. Pada thn 732 sM Asyur merebut Damsyik dan mencaplok wilayah Israel bagian utara dataran Yizreel, dan membiarkan sisa daerah kerajaan Utara diperintah oleh Hosea, sebagai pengikut Asyur. Sewaktu Hosea memberontak, Salmaneser V (727-722 sM) mengepung Samaria, dan penggantinya, Sargon II (722-705 sM), merebut Samaria pada tahun ia naik takhta.
Sesudah peristiwa di atas, beberapa kali lagi gerakan kemerdekaan dilancarkan menentang kekuasaan Asyur. Pada peristiwa-peristiwa itu Yesaya -- yg untuk sementara waktu undur dan membatasi kegiatannya hanya di lingkungan kecil sesudah protesnya menentang politik luar negeri Ahas pada thn 734 sM tidak digubris (8:16 dab) -- tampil memperingatkan Yehuda karena terlibat dalam gerakan politik yg sama, khususnya pengandalan atas bantuan Mesir.
Menurut 14:29, pada tahun kematian Ahas, orang Filistin mengutus delegasi ke Yerusalem untuk menyusun persekutuan anti-Asyur; menentang kegiatan ini Yesaya kembali melancarkan peringatan (14:29-32).
Pada zaman Hizkia juga timbul gerakan-gerakan sejenis, khususnya menonjol pemberontakan Asdod, yg dipatahkan pada thn 711 sM, sewaktu orang Asyur mengepung dan merebut Asdod (bnd Yes 20:1). Yehuda dan Mesir terlibat dalam pemberontakan ini. Mungkin sekali bahwa tarikh Yes 18 adalah waktu ini; pada waktu itu suatu dinasti Etiopia memerintah di Mesir. Setelah Sargon meninggal pemberontakan-pemberontakan timbul menentang penerusnya, Sanherib (705-681 sM). Yehuda adalah salah satu negara yg memberontak itu, dan pemberontakan itu memancing Sanherib thn 701 sM menyerbu Yehuda dan mengepung Yerusalem. Berbagai ucapan ilahi dalam ps 28-31 boleh jadi bertarikh 705-701 sM, termasuk tempelakan mengandalkan Mesir dalam 30:1-7; 31:1-3. Ps 36 dan 37 mencatat ancaman Sanherib terhadap Yerusalem, pembebasan Yerusalem dan aktivitas Yesaya selama waktu bahaya ini. Ps 38 dan 39, yg mungkin berhubungan dengan periode yg sama, melaporkan Hizkia sakit dan kesembuhannya, juga utusan dari Merodakh-Baladan (*MERODAKH-BALADAN). NHR/AL/HAO
Bintang Timur [lambang]
Hesaias hay-sah-ee'-as
of Hebrew origin (3470); Hesaias (i.e. Jeshajah), an Israelite: KJV -- Esaias.
teduh [KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA]
te·duh a 1 reda (tt angin ribut, ombak); berhenti (tt hujan): mereka bersenda gurau sambil menanti hujan --; 2 terlindung atau tidak kena panas matahari; lindap: setelah bermain-main, anak-anak beristirahat di tempat yg --; mereka berhenti di tepi jalan yg --; 3 tidak turun hujan (tt hari); redup atau tidak memancarkan sinar yg terik (tt matahari): sudah beberapa hari ini matahari --; 4 ki tenang; aman: Lautan -- , Samudra Pasifik;ber·te·duh v 1 berlindung (supaya jangan kehujanan atau kepanasan); bernaung: aku ~ di bawah pohon; 2 dilindungi dr; 3 menumpang tinggal; diam: aku gembira telah memberi tempat ~ di rumahku kpd anak yatim itu;~ di bawah betung, pb mendapat pertolongan yg tidak mencukupi; hujan tempat ~ , panas tempat berlindung, pb orang yg selalu memberi pertolongan kpd orang banyak;ber·te·duh·kan v dilindungi dr; terpelihara dr: ~ dirinya dr penghinaan;me·ne·duh v berteduh;me·ne·duhi v menaungi; melindungi;me·ne·duh·kan v 1 meredakan; menenangkan; menghentikan (hujan); 2 melindungi dr panas matahari dsb; 3 membawa ke tempat yg teduh;per·te·duh·an n tempat perhentian sebentar di tengah jalan; tempat perlindungan: rumah itu pd saat terjadi peristiwa bentrokan menjadi ~;pe·ne·duh n bentuk bangunan sederhana untuk tempat berteduh ternak (domba dan sapi) di padang penggembalaan;ke·te·duh·an n 1 keredaan; ketenangan; 2 (perihal) keadaan teduh: pd siang yg terik itu, dia duduk melepaskan lelah di bawah ~ pohon yg rindang itu
1teduh a 1) berhenti, reda, redup, seriat; 2) adem, lindap, sejuk; mendung, redup; 3) aman, damai, tenang; ant 1) hujan; 2) panas; 3) rusuh
meneduhi v melindungi, menaungi;
meneduhkan v menenangkan, menghentikan, meredakan;
berteduh v 1) berlindung, bernaung; mengadem; 2) beristirahat, berlabuh (ki
livyathan liv-yaw-thawn'
from 3867; a wreathed animal, i.e. a serpent (especially the crocodile or some other large sea- monster); figuratively, the constellation of the dragon; also as a symbol of Bab.: KJV -- leviathan, mourning.
Seekor binatang laut mitologis yang luar biasa besarnya. Di dalam PL dinyatakan, bahwa ~L mewakili semua kekuatan bencana: Seekor naga yang hidup di laut dengan berbagai kepala, yang dihancurkan oleh Yahwe, waktu ~L bangkit melawanNya bersama-sama --> air pasang waktu dahulu kala (Mazm 74:13-14). Di dalam naskah-naskah Ugarit dibuktikan, bahwa bentuk itu diambil dari mitologi Fenesia. Menurut Ayub 3:8, ~L dilukiskan sebagai naga di langit yang menelan matahari dan bulan. Juga di dalam pikiran apokaliptik (Wahy 12:13) dan pikiran apokrif, ~L memperoleh suatu penceritaan mitos yang baru.
NAGA --> LEWIATAN; AIR BAH. Lih. Kata/Topik 20324
TB- Semacam naga atau buaya purbakala yang melambangkan ancaman dan kuasa laut (bandingkan Rahab --> 20638).
BIS- Semacam naga atau buaya purbakala yang melambangkan kekacauan yang ada sebelum Allah menciptakan bumi (Yes 27:1; Mazm 74:14).
Binatang laut raksasa mitologi, yang katanya dikalahkan oleh ilah *Baal. Mitos ini muncul ke permukaan PL dengan Yahweh menggantikan Baal (Mzm. 74:13-14). Bagi *Yesaya, pemusnahan Lewiatan melambangkan kematian akhir dari mereka yang tidak diselamatkan, tidak termasuk Israel (Yes. 27:1; 26:2 dst.; 27:12-13).
Strongs #03470: hyevy Y@sha`yah or whyevy Y@sha`yahuw
Isaiah or Jesaiah or Jeshaiah = "Jehovah has saved"
1) the major prophet, son of Amoz, who prophesied concerning Judah and
Jerusalem during the days of kings Uzziah, Jotham, Ahaz, and Hezekiah
of Judah; author of the prophetic book by his name; tradition has it
that he was sawn asunder in the trunk of a carob tree by king
Manasseh and that this is the incident referred to in
2) son of Hananiah, brother of Pelatiah, and grandson of Zerubbabel
4) one of the 6 sons of Jeduthun
5) son of Rehabiah, a descendant of Moses through Gershom, and an
ancestor of a Levite treasurer in the time of David
6) son of Athaliah and chief of the house of Elam who returned with Ezra
7) a chief of the descendants of Merari who returned with Ezra